04 Februari 2011

Pengertian E-learning, M-learning, dan U-Learning

Pengertian E-learning, M-learning, dan U-Learning

E-Learning

· E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001].

· E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone [LearnFrame.Com, 2001]

· E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].

· E-learning (electronic learning) adalah pembelajaran baik secara formal maupun informal yang dilakukan melalui media elektronik, seperti internet, intranet, CD-ROM, video tape, DVD, TV, handphone, PDA, dan lainlain (Lende, 2004).

· E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif).

· E-Learning atau electronic learning adalah sebuah konsep dalam proses pembelajaran dengan menggunakan ICT, khususnya menggunakan media yang berbasis Internet. Istilah e-Learning sendiri memiliki kesamaan makna dengan beberapa istilah lain seperti on-line learning, virtual classroom dan virtual learning.

· Electronic learning adalah suatu metode pembelajaran mahasiswa atau siswa yang dilakukan secara online.

· Secara singkat, Horton (2003); Belawati (2003); Sharma (2002); Anggoro, Belawati,

Hardhono dan Darmayanti (2002); Simamora (2002); Brown (2001); Haryono dan Alatas (2000) menyiratkan bahwa e-Learning itu merupakan konsep belajar jarak jauh dengan menggunakan teknologi telekomunikasi dan informasi, seperti Internet, siaran radio, televisi, serta video/audioconferencing, dan CD-ROM.

M_Learning

· M-learningadalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan danaplikasi yang berkaitan dengan course kapan-pun dandimana-pun.

· m-learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.(blog.student.uny.ac.id/mobilelearning)

· Mobile learning merupakan pembelajaran dimana pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan course dan gerbang menuju NGL (Next Generation Learning) dimana belajar dapat dilakukan kapan-pun dan dimana-pun (Ubi Learning).

· M-learning adalah pengembangan dari elearning dengan menggunakan telepon genggam sebagai sarana untuk melakukan pembelajaran.

U-Learning

· Belajar di mana-mana (atau u-learning, ULearning) adalah setara dengan beberapa bentuk sederhana pembelajaran bergerak , misalnya bahwa lingkungan belajar yang dapat diakses dalam berbagai konteks dan situasi. Lingkungan belajar di mana-mana (Ule) dapat mendeteksi data konteks lebih dari elearning. Selain domain dari eLearning, uLearning dapat menggunakan konteks kesadaran lebih untuk menyediakan konten yang paling adaptif untuk pelajar.